Lentigo - Penyebab, Gejala dan Perawatan


lentigo adalah makula kecil berpigmen, dibatasi tajam, dikelilingi oleh kulit yang tampak normal. Temuan histologis mungkin termasuk hiperplasia epidermis dan peningkatan pigmentasi lapisan basal. Mereka dapat terjadi di mana saja di tubuh dan warnanya bervariasi dari cokelat kecoklatan hingga hitam. Dilihat di bawah mikroskop, sebuah lentigo menunjukkan peningkatan jumlah melanosit normal. Meskipun lentigo mungkin merupakan bagian dari kelainan genetik, sebagian besar mereka hanya merupakan tempat yang terisolasi dan tidak penting. 

Dari artikel Artria ini  Lentigo paling sering terlihat pada orang dewasa di atas tiga puluh, dan mereka paling sering terjadi pada kulit yang terpapar sinar matahari, wajah, punggung tangan, lengan, dada, dan kaki bagian bawah. Mereka biasanya berwarna cokelat atau cokelat, dan umumnya datar. Lentigo maligna sebagian besar terlihat pada pasien berusia 50 hingga 80 tahun dan menyumbang sepuluh hingga 15 persen dari kasus kanker kulit.

Penyebab
Lentigo disebabkan oleh paparan sinar matahari kronis. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari lentigo. Usia mungkin menjadi penyebab lain dari lentigo. Orang yang lebih tua memiliki paparan sinar matahari lebih kumulatif karena itu lebih mungkin untuk mengalami lentigo. Kehadiran nevi yang besar atau banyak (sejenis tanda lahir) dapat menyebabkan lentigo maligna. Terlepas dari warna kulit, itu adalah distribusi pigmen melanin yang tidak merata di kulit yang menghasilkan bintik-bintik. Bintik tidak lebih dari endapan melanin dalam jumlah besar di satu tempat di kulit.

Gejala
Lentigo maligna paling sering mempengaruhi kulit kepala dan leher yang terpapar sinar matahari, dengan kecenderungan untuk hidung dan pipi. Gejalanya adalah munculnya bintik-bintik gelap pada kulit. Mereka tidak gatal dan tidak sakit. Titik kesulitan biasanya lebih besar dari diameter 6 mm mis. Tentang ukuran penghapus pensil. Ini cenderung lebih gelap dari bintik biasa dan yang tidak pudar di musim dingin. Biasanya muncul sebagai warna cokelat yang datar atau sedikit meningkat, berwarna coklat atau coklat tua.

Pengobatan
  • Cryosurgery adalah pengobatan sederhana untuk lentigo terisolasi. Prosedur ini sering berhasil karena kerentanan melanosit terhadap pembekuan dengan nitrogen cair. Sel skuamus menahan cedera pada -20 ° C, sedangkan melanosit membeku pada -4 hingga -7 ° C.
  • Krim topikal noninvasif juga digunakan. Setelah beberapa bulan aplikasi, krim tretinoin dan krim hidrokuinon dapat meringankan lentigo.
  • Namun terapi radiasi dapat digunakan. Tetapi ini bukan terapi lini pertama dan mungkin memiliki penggunaan terbaik sebagai terapi tambahan ketika penyakit mencapai kondisi yang parah.
  • Bioterapi juga dapat digunakan untuk mengobati lentigo. Ini didasarkan pada biologi molekuler modern, imunologi dan genetika. Terapi biologis bekerja baik secara langsung terhadap bintik-bintik atau secara tidak langsung untuk mengubah cara tubuh pasien bereaksi terhadap suatu bintik.
  • Jika lentigo terulang kembali atau datang setelah perawatan maka beberapa tabir surya dapat digunakan.
  • Pengobatan topikal dengan agen seperti asam azelaic dapat digunakan tetapi mereka tidak sepenuhnya menghilangkan bintik-bintik pada kulit.

Subscribe to receive free email updates: