Kenali Penyebab dan Cara Pengobatan Kalazion!


Kalazion adalah benjolan kecil di kelopak mata yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak kecil.

Penyebab
Chalazion disebabkan oleh saluran yang tersumbat di salah satu kelenjar meibomian. Kelenjar ini terletak di kelopak mata tepat di belakang bulu mata. Mereka menghasilkan cairan tipis berminyak yang melumasi mata.

Gejala
Chalazion sering berkembang mengikuti hordeolum internal (juga disebut tembel). Kelopak mata paling sering menjadi lunak, merah, bengkak dan hangat. Terkadang, kelenjar yang tersumbat menyebabkan bintil tidak mengering meski kemerahan dan bengkak hilang. Kelenjar akan membentuk nodul tegas di kelopak mata yang tidak lunak. Ini disebut chalazion.

Ujian dan Tes
Pemeriksaan kelopak mata menegaskan diagnosis sebuah rekam medis. Jarang, kanker kulit pada kelopak mata terlihat seperti chalazion. Jika ini dicurigai, Anda mungkin perlu biopsi .

Pengobatan
Chalazion akan sering hilang tanpa perawatan dalam sebulan atau lebih. Perawatan pertama adalah menempatkan kompres hangat di atas kelopak mata selama 10 hingga 15 menit setidaknya empat kali sehari. Gunakan air suam-suam kuku (tidak lebih panas dari yang bisa Anda tinggalkan dengan nyaman). Ini dapat melembutkan minyak yang mengeras menghalangi saluran, dan menyebabkan drainase dan penyembuhan. Jangan mendorong atau menekan chalazion.

Jika chalazion terus bertambah besar, mungkin perlu diangkat dengan operasi. Ini paling sering dilakukan dari bagian dalam kelopak mata untuk menghindari bekas luka di kulit. Suntikan steroid adalah pilihan perawatan lain. Chalazia paling sering sembuh sendiri. Hasil dengan pengobatan sangat baik dalam banyak kasus.

Kemungkinan Komplikasi
Jarang, chalazion akan sembuh dengan sendirinya tetapi mungkin meninggalkan bekas luka di kelopak mata. Masalah ini lebih sering terjadi setelah operasi untuk menghilangkan chalazion, tetapi masih jarang. Anda mungkin kehilangan beberapa bulu mata atau Anda memiliki lekukan kecil di ujung kelopak mata. Komplikasi yang paling umum adalah kembalinya masalah.

Kapan Menghubungi Klinik Artria
Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika benjolan di kelopak mata terus membesar meskipun sudah dirawat, atau Anda memiliki area kehilangan bulu mata.

Pencegahan
Mungkin membantu menggosok tepi tutup dengan lembut pada garis bulu mata setiap malam untuk mencegah chalazia atau styes. Gunakan bantalan pembersih mata atau sampo bayi yang diencerkan.

Oleskan salep antibiotik yang diresepkan oleh penyedia Anda setelah menggosok kelopak mata. Anda juga bisa mengompres hangat ke kelopak mata setiap hari.

Subscribe to receive free email updates: